Profil Garin Nugroho Riyanto

Garin Nugroho

Garin Nugroho Riyanto
Laki-Laki
Islam
Yogyakarta, 06 Juni 1961

Biografi :

Garin Nugroho Riyanto yang kemudian populer dengan nama Garin Nugroho, lahir di Yogyakarta, 6 Juni 1961. Sosoknya sebagai sutradara film terbilang cemerlang dan produktif.

Sejumlah karya sineas muda ini telah merambah festival internasional dan sejumlah piala berhasil diraihnya, diantaranya FIPRESCI dari Festival Film Internasional Berlin 1996 untuk BULAN TERTUSUK ILALANG (1995), Silver Leopard Video di Festival Film Internasional Locarno 2000 untuk PUISI TAK TERKUBURKAN (2000), Special Jury Prize di Festival Film Internasional Tokyo 1998 untuk DAUN DIATAS BANTAL (1998), film terbaik Asia di Osian’s Cinefan Festival ke-7 lewat RINDU KAMI PADAMU (2006), dll.

Film terakhirnya, OPERA JAWA yang menghadirkan mantan putri Indonesia Artika Sari Devi sebagai bintangnya, turut dalam Film Internasional Venice 2006 yang berlangsung di Venice, Italia.

Prihatin atas kurang pedulinya masyarakat akan nasib lingkungan membuat hati Garin tergugah. Ia kembali memproduksi film, kali ini bertemakan lingkungan, UNDER THE TREE. Film yang pengambilan gambarnya banyak dilakukan di Pulau Dewata, Bali adalah karya Garin ke-10.
kapanlagi.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar